Buku Binder Batik Kementerian Kelautan Perikanan RI

Kementerian Kelautan Perikanan RI

Buku Binder Batik Kementerian Kelautan Perikanan RI
Buku Binder Batik Kementerian Kelautan Perikanan RI

Berita Kementerian Kelautan Perikanan RI

Brinusatic: Indonesia diharapkan jadi produsen ikan hias terbesar
“Ikan hias khususnya ikan hias laut Indonesia cukup banyak diminati oleh hobiis lokal maupun internasional. Untuk mendukung ketersediaan ikan hias air laut tersebut, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah menugaskan …

KKP Resmikan Gudang Garam Nasional di Indramayu
Kabupaten Indramayu … jika digabungkan dengan Cirebon mengenai produksi garamnya, bisa dipastikan akan mengalahkan Madura. “Sehingga tidak salah jika Indramayu menjadi fokus program KKP”

Tentang Kementerian Kelautan Perikanan RI

Tebentuknya Kementrian Kelautan dan Perikanan pada dasarnya merupakan sebuah tantangan, sekaligus peluang bagi pengembangan sektor kelautan dan perikanan Indonesia. Artinya, bagaimana KKP ini menempatkan sektor kelautan dan perikanan sebagai salah satu sektor andalan yang mampu mengantarkan Bangsa Indonesia keluar dari krisis ekonomi yang berkepanjangan. Setidaknya ada beberapa alasan pokok yang mendasarinya. Pertama, Indonesia sebagai negara kepulauan dengan jumlah pulau 17.508 dan garis pantai sepanjang 81.000 km tidak hanya sebagai negara kepulauan terbesar di dunia tetapi juga menyimpan kekayaan sumberdaya alam laut yang besar dan belum dimanfaatkan secara optimal.
Kedua, selama beberapa dasawarsa, orientasi pembangunan negara ini lebih mangarah ke darat, mengakibatkan sumberdaya daratan terkuras. Oleh karena itu wajar jika sumberdaya laut dan perikanan tumbuh ke depan. Ketiga, dikaitkan dengan laju pertumbuhan penduduk serta meningkatnya kesadaran manusia terhadap arti penting produk perikanan dan kelautan bagi kesehatan dan kecerdasan manusia, sangat diyakini masih dapat meningkatkan produk perikanan dan kelautan di masa datang. Keempat, kawasan pesisir dan lautan yang dinamis tidak hanya memiliki potensi sumberdaya, tetapi juga memiliki potensi bagi pengembangan berbagai aktivitas pembangunan yang bersifat ekstrasi seperti industri, pemukiman, konservasi dan lain sebagainya.

Sumber: Kementerian Kelautan Perikanan RI

Bagikan ke teman: Facebook, Twitter, WhatsApp